Terbaru:

latest

Ads Place

Website Instan

Facebook Aktifkan Fitur Security Check di Kanjuruhan Malang

BANGTEKNO.COM - Tragedi Kanjuruhan di Kota Malang merupakan salah satu tragedi olahraga terbesar sepanjang sejarah. Ada ratusan korban jiw...


BANGTEKNO.COM - Tragedi Kanjuruhan di Kota Malang merupakan salah satu tragedi olahraga terbesar sepanjang sejarah. Ada ratusan korban jiwa dalam tragedi yang terjadi pada laga Arema lawan Persebaya (01/10/2022) kemarin.

Demi membantu memberikan informasi dengan cepat dan akurat, pihak Facebook mengeluarkan fitur Safety Check bagi pengguna yang berada di sekitar Kanjuruhan. Berikut detailnya.

Diaktifkan bagi pengguna di sekitar Kanjuruhan

Fitur Safety Check atau Pemeriksaan Keselamatan merupakan salah satu fitur dari Facebook agar pengguna di sekitar lokasi bisa memberikan status keselamatan diri serta orang-orang di sekitar. Melihat banyaknya korban akibat Tragedi di Kanjuruhan, Facebook memutuskan untuk mengaktifkan fitur tersebut di sekitar wilayah Kanjuruhan.

Tujuannya tentu agar pengguna yang berada di sekitar Stadion Kanjuruhan Malang bisa memberikan status keselamatan diri serta orang-orang yang berada di sekitar Kanjuruhan. Mengingat korban yang mencapai angka ratusan jiwa, tentu fitur ini sangat membantu guna mengidentifikasi serta memberikan informasi terkini. Melansir Kompas, fitur Safety Check di sekitar Kanjuruhan sendiri sudah bisa digunakan di Facebook sejak Minggu (02/10/2022) pukul 11.06 WIB.

Cara akses fitur Safety Check

Untuk kamu yang ingin mengakses fitur Safety Check atau Pemeriksaan Keselamatan, kamu bisa mengaksesnya lewat search bar Facebook dengan mengetik "Kanjuruhan". Kemudian akan muncul hasil "The Stampede at Kanjuruhan Stadium, Kepanjen, Malang Regency, Indonesia" dengan status Crisis Response. 

Di sisi kanan terdapat kolom "Friends in Area" di mana kamu bisa melihat teman-temanmu yang sedang berada di sana beserta status mereka saat ini. Jika mereka sudah menginformasikan statusnya, maka akan terlihat statusnya sebagai "Marked safe", "Not marked safe yet", atau "Doesn't apply",

Pada kolom Home, kamu bisa melihat berbagai update informasi dari warga yang berada di sekitar Kanjuruhan.

Sejarah fitur Safety Check

Seperti yang sudah ditulis di awal, fitur Safety Check dari Facebook ini merupakan fitur yang digunakan agar pengguna yang berada di area bencana bisa memberikan informasi terkait keselamatan diri sendiri atau orang-orang di sekitar wilayah bencana. Fitur ini sendiri pertama kali diluncurkan oleh Facebook guna merespons bencana gempa di Nepal tahun 2015 silam.

Pada saat terjadi teror bom Paris tahun November 2015 silam, fitur ini pertama kali diaktifkan guna merespons tragedi non bencana alam.

Tidak ada komentar

Footer Ads

SimpleWordPress